Penyebab Dan Cara Pencegahan Penyakit Cacar Air

Selamat datang di situs kesehatan www.obatherpesherbalterbaik.com. Pada kesempatan kali ini kami akan membahas tentang Penyebab Dan Cara Pencegahan Penyakit Cacar Air, serta rekomendasi penanganan yang tepat untuk penyakit cacar air dengan Obat Herbal QNC Jelly Gamat. Tanpa berlama – lama lagi mari kita lihat informasi selengkapnya…

Penyebab Dan Cara Pencegahan Penyakit Cacar Air

Penyebab Dan Cara Pencegahan Penyakit Cacar Air – Cacar air atau sering juga dikenal sebagai varicella adalah penyakit infeksi virus yang menyerang pada kulit, sehingga menyebabkan bintik bintik berisi cairan pada beberapa bagian tubuh atau bisa seluruh tubuh.

Cacar air ialah penyakit menular yang sering terjadi. Penyakit ini dapat terjadi pada semua usia. Namun sebagian besar terjadi pada anak-anak di bawah 15 tahun. Orang dengan sistem imun yang lemah lebih berisiko seperti bayi, ibu hamil, dan lansia.

Seseorang yang pernah terkena infeksi virus cacar air maka tubuh orang tersebut akan membentuk antibodi terhadap virus varicella zoster sehingga di masa depan tidak akan lagi terserang penyakit virus cacar air dari penularan yang dilakukan oleh orang lain.

Baca juga :

cara mengobati cacar air dengan cepat

Penyebab cacar air

Penyebab cacar air adalah virus herpes yang disebut dengan virus varicella-zoster. Virus ini menyebabkan cacar air pada anak-anak dan herpes zoster saat dewasa. Gejala yang timbul umumnya menyerupai flu ringan, disusul dengan munculnya ruam kulit dan lambat laun akan timbul bintik-bintik merah yang kemudian menjadi bintil atau lepuh berisi cairan bening yang terasa gatal.

Pada anak-anak yang terkena cacar air biasanya tidak mengalami kesulitan yang berarti untuk bisa cepat sembuh, namun pada orang dewasa dan juga orang yang mengalami gangguan kekebalan tubuh dari penyakit, maka penyakit cacar air bisa berakibat buruk dan bahkan fatal. Komplikasi penyakit yang dapat terjadi akibat cacar air adalah seperti :

– Pnemounia yang diakibatkan virus lain
– Ensefalitis atau infeksi pada otak
– Peradangan pada jantung
– Peradangan pada sendi
– Peradangan pada hati

Cara Pencegahan Cacar Air

Menurut situs situs ( dokterspkk.com ) Penularan cacar air juga sangat mudah terjadi dan dapat menyebar dengan cepat. Langkah pencegahan penyebaran pertama yang bisa dilakukan dengan beberapa cara ini, antara lain :

  • Pencegahan penyakit cacar air dilakukan dengan memberikan kekebalan bagi tubuh yaitu vaksinasi. Pada anak usia 12-18 bulan diberikan vaksin sebanyak dua kali dengan jarak 3 bulan. Anak yang sudah pernah menderita cacar air sebaiknya tetap diberikan vaksin.
  • Hindari kontak fisik langsung dengan penderita cacar air atau berada di sekitarnya. Jika di sekitar kita ada orang yang menderita penyakit cacar air sebaiknya segera menjauh agar tidak tertular karena cacar air mudah ditularkan melalui udara. Jika kita adalah keluarga penderita cacar air, sediakan area khusus untuk penderita agar mencegah penularan terjadi.
  • Hindari memegang benda-benda milik penderita cacar air dan bersihkan segala benda-benda yang mungkin terkontaminasi virus cacar air seperti mainan anak-anak, tempat tidur, dan pakaian.
  • Pisahkan barang yang digunakan oleh penderita cacar air, misalnya sendok, gelas, piring, handuk, dan sebagainya dan bersihkan dengan cara terpisah.
  • Konsumsi 6-8 gelas setiap hari agar tidak dehidrasi. Selain itu minum air yang cukup dapat membantu pengeluaran racun dari dalam tubuh.
  • Mandi secara teratur untuk menghindari kontaminasi bakteri dan kuman dan membersihkan kotoran pada cacar air. Gunakan sabun antiseptik untuk mengurangi bakteri pada tubuh.
  • Gunakan handuk kering yang bersih dan dengan cara ditepuk, jangan diusap agar luka pada cacar air tidak lecet yang berakibat timbulnya bekas bila sudah kering.
  • Jangan memecahkan gelembung air. Cairan gelembung yang pecah dapat menular ke bagian tubuh yang lain maupun menempel pada orang lain. Biarkan cairan meletus dan mengering dengan sendirinya.
  • Bagi penderita cacar air yang memilki ruam di dalam mulut, hindari makanan yang dapat melukai mulut seperti makanan yang asin dan asam.
  • Gunakan pakaian yang berbahan lembut dan longgar agar dapat mengurangi iritasi pada kulit dan mencegah pecahnya gelembung pada kulit.
  • Gunakan sarung tangan dan kaos kaki untuk menghindari menggaruk cacar air. Cacar air yang pecah sebelum waktunya akan meninggalkan bekas luka yang sulit hilang dan waktu penyembuhan yang lebih lama.
  • Selalu mencuci tangan yang benar sebelum dan sesudah berada di sekitar penderita cacar air atau setelah menyentuh barang-barang penderita. Keringkan tangan menggunakan handuk bersih.
  • Gunakan selalu masker wajah untuk melindungi mulut dan wajah saat berdekatan dengan penderita cacar air. Gantilah masker dengan yang baru apabila sudah digunakan sebelumnya.
  • Gunakan pelindung tambahan seperti sarung tangan, kaca mata, dan pakaian pelindung untuk menghindari kotak fisik langsung dengan penderita cacar air.

Namun, apabila anak atau Anda sendiri terkena penyakit cacar air, diperlukan penanganan yang tanggap dan benar supaya tidak terjadi komplikasi yang tidak diinginkan oleh Anda dan anak Anda. Untuk itu kami rekomendasikan Obat Herbal yang mampu memberikan manfaat dan khasiat dalam mengatasi penyakit cacar air sampai tuntas.

Jika Anda mencari obat yang mampu mengatasi cacar air sampai tuntas, yang tentunya aman tanpa efek samping dan memberikan perlindungan untuk kesehatan kulit Anda. Silahkan Anda KLIK => Cara Mengobati Cacar Air Dengan Cepat Dan Efektif

Semoga informasi dari kami bermanfaat. Terima kasih

Baca juga artikel menarik lainnya :

Tanda Dan Gejala Awal Cacar Air Pada Anak

cara mengobati tbc kulit secara alami

Post by Obat Herpes Terbaik

Penyebab Dan Cara Pencegahan Penyakit Cacar Air

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *