Penyebab Kenapa Luka Infeksi Sulit Sembuh

Penyebab Kenapa Luka Infeksi Sulit Sembuh

Penyebab Kenapa Luka Infeksi Sulit Sembuh – Luka infeksi merupakan luka yang cukup berbahaya, bagaimana tidak ? luka yang terinfeksi akan menyebabkan pembengkakan atau bahkan berdampak buruk bagi kesehatan tubuh. Luka yang sulit sembuh memang perlu melakukan perawatan intensif, hal ini bertujuan supaya luka tidak menjalar ke bagian tubuh lain karena jika terkena ke bagian tubuh lain akan mengakibatkan semakin buruk nya luka tersebut.

Penyembuhan luka yang normal umumnya dapat sembuh membutuhkan waktu sekitar 3 mingguan, namun hal itu tergantung pada :

  1. 1. Derajat keparahan luka, Semakin parah luka tentu akan semakin lama proses penyembuhannya.
    2. Lokasi luka. Bila luka terletak pada area yang terus bergerak seperti di lutut, siku, maka akan semakin lama prosesnya.
    3. Kebersihan luka. Bila luka tidak dijaga kebersihannya akan semakin lama bahkan infeksi yang terjadi akan sulit disembuhkan.
    4. Nutrisi pasien. Untuk mempercepat proses penyembuhan luka, diperlukan makanan yang tinggi kalori dan tinggi protein.
    5. Kondisi medis pasien. Pasien dengan penyakit seperti diabetes akan semakin lama proses penyembuhannya.

Baca juga :

Pengobatan Luka Infeksi Bernanah.

Cara mengobati Luka Infeksi.

Luka yang sulit untuk disembuhkan, selain dapat menyakitkan bagi tubuh, luka juga dapat mengganggu aktivitas Anda sehari – hari. Untuk itu kenali Penyebab Kenapa Luka Infeksi Sulit Sembuh, antara lain :

  • Infeksi.

Jika luka dan cedera mengalami infeksi, maka proses penyembuhannya akan memakan waktu yang lama. Infeksi terjadi akibat adanya bakteri dan virus yang tumbuh di sekitar luka. Hal ini biasanya menyebabkan luka mengeluarkan cairan atau menjadi basah. Sehingga proses penyembuhan luka yang terjadi akan memerlukan waktu yang cukup lama.

  • Kurang asupan nutrisi.

Asupan nutrisi yang kurang memadai didalam tubuh sehingga ketika terjadi kerusakan kecil pada jaringan yang luka, akan sulit untuk disembuhkan karena nutrisi pada tubuh sangat membantu mempercepat luka untuk mengalami pengeringan dan pemberhentian darah.

  • Penderita Penyakit Autoimun.

Orang yang memiliki riwayat penyakit autoimun akan menghambat pengeringan dan penyembuhan terhadap luka, karena Autoimun adalah penyakit yang berbahaya yang menyerang kekebalan tubuh seseorang untuk menyerang darah putihnya sendiri atau menyerang imunitas tubuhnya sendiri. Kondisi inilah yang akan mempersulit penyembuhan luka dengan cepat.

  • Pembengkakan.

Adanya pembengkakan disekitar area luka yang terus membesar dan terasa sakit saat disentuh. Kondisi tersebut dapat mempengaruhi proses penyembuhan luka yang terbuka dan berdarah. Luka yang membengkak tersebut bisa menjadi pemicu terhambatnya saluran oksigen disekitar luka sehingga luka sangat sulit untuk dikeringkan dan disembuhkan.

  • Kurangnya suplai darah atau oksigen.

Kondisi luka lama sembuh akan dipengaruhi oleh buruknya suplai darah atau oksigen yang mungkin disebabkan oleh buruknya aliran darah yang bisa disebabkan oleh kondisi medis seperti diabetes atau umur tua. Oleh karena itu jumlah oksigen yang tepat sangat krusial sifatnya untuk penyembuhan luka yang optimum.

  • Kekurangan gizi.

Mengkonsumsi makanan bergizi sangat penting untuk penyembuhan luka. Tubuh membutuhkan lebih banyak kalori , vitamin A dan C, protein serta seng setelah cedera, menurut Klinik Cleveland. Makanan yang baik untuk dimakan selama proses pemulihan meliputi telur, kacang-kacangan, brokoli, buah sitrus, daging merah dan tomat.

  • Trauma.

Jika luka Anda terus-menerus terbentur atau tergosok pada permukaan lain, bisa menyebabkan trauma. Luka yang berulang kali mengalami trauma akan memakan waktu lebih lama untuk menyembuhkan atau mungkin tidak sembuh sama sekali.

Itulah beberapa penyebab mengapa luak sulit untuk disembuhkan. Jika luka dibiarkan maka akan mengakibatkan luka terinfeksi dan luka akan semakin parah. Lalu luka menimbulkan nanah yang semakin lama untuk proses penyembuhannya.

Guna membantu mengobati luka dan menghindari komplikasi yang cukup parah para penderita luka yang terinfeksi. kami memberikan rekomendasi obat herbal yang sangat Ampuh dalam mengatasi Luka yaitu Obat Herbal Luka Infeksi BernanahQnC Jelly Gamat.

Semoga Informasi dari kami bermanfaat. Terima kasih

Baca juga artikel lainnya, klik dibawah ini

Obat  Herbal Pilonidal Sinus.

Cara  Mengobati Luka Bakar Melepuh

Post by Obat Herpes Herbal Terbaik

Penyebab Kenapa Luka Infeksi Sulit Sembuh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *